Fakultas Sains dan Teknologi Selenggarakan Workshop Revitalisasi Laboratorium PTKIN se-Indonesia

FST-UIN Malang (10/08/2024) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) menyelenggarakan Workshop Revitalisasi Laboratorium dilingkungan Fakultas Sains dan Teknologi PTKIN se-Indonesia. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai Kamis hingga Sabtu, tanggal 8-10 Agustus 2024, bertempat di Hotel Wyndham Surabaya, Jalan Basuki Rachmat.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan semangat dan tekad untuk menyuarakan kepada pemerintah terkait kebutuhan revitalisasi dan pengembangan alat-alat laboratorium di seluruh Fakultas Sains dan Teknologi di lingkungan PTKIN se-Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki mengundang seluruh Pimpinan PTKIN untuk menugaskan Dekan beserta jajarannya untuk berpartisipasi hadir dalam workshop ini. Kehadiran para pimpinan ini sangat penting dalam mendukung kesuksesan acara serta memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas laboratorium sebagai pusat pendidikan dan penelitian di lingkungan PTKIN. Dalam kesempatan ini juga turut serta dihadiri oleh rektor UIN Maliki Prof Dr H.M. Zainuddin M.A, dimana beliau sangat mendukung penuh adanya kegiatan workshop ini.

RevitalisasiTerdapat materi penting yang disampaiakan oleh beberapa narasumber dalam workshop ini. Pertama terkait strategi pengembangan laboratorium yang disampaikan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Agama RI Prof. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag, kedua mengenai penguatan laboratorium untuk penguatan rekognisi institutional lembaga yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas Drs. Amich Alhumami, M.A. Med, Ph.D, serta ketiga yaitu penyampaian materi terkait perencanaan revitalisasi laboratorium yang disampaikan oleh koordinator perencanaan Anggaran PTKI Ditjen Pendis Kemenag RI bapak Novardy, S.Kom. Workshsop ini ditutup dengan evaluasi anggaran revitalisasi dan penantanganan nota kesepakatan seluruh Dekanat Fakultas Sains dan teknologi PTKIN.

Selain sebagai forum untuk merancang keRevitalisasi-Lab-FSTbijakan revitalisasi secara bersama, workshop ini juga merupakan kesempatan ajang silaturrahim, bertukar pengalaman dan ide antar peserta dari berbagai PTKIN di Indonesia. Adanya kolaborasi ini, diharapkan Fakultas Sains dan Teknologi di PTKIN dapat meningkatkan daya saingnya serta mampu menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ke depan.

Melalui kegiatan ini, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di PTKIN se-Indonesia, khususnya dalam pengelolaan laboratorium yang modern dan inovatif. (Niz)

 

 

Scroll to Top