Fakultas Sains dan Teknologi Persiapkan Akreditasi Laboratorium Berstandar ISO:17025

FST-UIN Malang (15/8/2023) Sebagai persiapan untuk menuju akreditasi dalam taraf Internasional Fakultas Sains dan Teknologi terus berbenah, salah satunya dalam hal ini adalah peningkatan pelayanan laboratorium yang terstandarisasi. Dalam upaya mencapai standar mutu dalam pelayanan laboratorium sebagai pusat sumber belajar dan riset yaitu dengan melakukan akreditasi. Laboratorium lingkungan Fakultas Sains dan teknologi dalam hal ini di arahkan untuk dapat memperoleh standar internasional berbasis ISO:17025.

Kegiatan dalam rangka persipan awal dilakukan pengarahan terkait dengan bagaimana, dan apa yang harus dilakukan untuk menuju ke akreditasi internasional berstandar ISO tersebut. Kegiatan pengarahan kali ini mengundar salah satu pakar yaitu Prof. Riyanto S.Pd., M.Si., Ph.D.. Kegiatan dilakukan secara virtual meeting (Zoom Meeting) dengan peserta jajaran pimpinan Fakultas dan para kepala dan pengelola Laboratorium lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi.

 

Materi pengarahan dibahas mengenai persiapan-persiapan yang dapat dilakukan yaitu seperti mempersiapakan kebiajakan-kebijakan yang ada didalam laboratorium dengan ditunjang SOP (Standar Operasional Prosedur), peralatan-peralatan yang memadai, sumber daya pengelola dan hal-hal teknis terkait layanan yang disediakan didalamnya. Selain hal tersebut juga di perlukan strukturisasi secara menyelutuh dalam satu fakultas yang menaungi laboratrium-laboratorium tersebut, dalam hal ini nantinya juga berhubungan dengan gars koordinasi terkait pelayanan laboratorium sebagai pusat sumber belajar dan penelitian. Dalam kesempatan ini Prof. Riyanto S.Pd., M.Si., Ph.D. selaku pemateri juga menceritakan bagaimana pengalaman-pengalaman terkait penilaian akreditasi laboratorium tersebut dengan harapan laboratorium yang benar-benar akan mengajukan akreditasi dapat mempersiapkan dengan sebaikmungkin. Kegiatan ini sangat diapresiasi dan didukung penuh oleh pimpinan. Agenda kedepan adalah memetakan laboratorium mana saja yang secara progress untuk dapat diajukan akreditasi internasional tersebut. (Niz)

Scroll to Top