Riset Kompetitif Mahasiswa 2019

Fakultas Sains dan Teknologi (FSaintek) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai bagian dari Universitas yang menuju kelas dunia (World Class University) dituntut menghasilkan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para civitas akademika terutama
para mahasiswanya terkait integrasi sains dan Islam yang berkualitas, menghasilkan kerjasama dengan berbagai institusi baik internal maupun eksternal, serta menghasilkan publikasi ilmiah yang diakui secara nasional dan internasional.

Dalam mewujudkan cita-citanya tersebut, peningkatan kapasitas penelitian mahasiswa mutlak diperlukan. Masih rendahnya kuantitas makalah ilmiah khususnya para mahasiswa Fakultas Saintek yang diterima di jurnal nasional maupun jurnal internasional diduga disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah masih rendahnya kemampuan riset mahasiswa, rendahnya dorongan para mahasiswa untuk melakukan riset ilmiah khususnya untuk keperluan kompetisi
riset baik di tingkat nasional maupun internasional sehingga kualitas riset tersebut belum memenuhi standar kaidah ilmiah yang baku.

Banyaknya hibah penelitian yang dikompetisikan di tingkat nasional melalui Lembaga-lembaga riset nasional maupun internasional dan lain-lain menuntut kesiapan para mahasiswa FSaintek yang ingin berkompetisi dalam merebutkan hibah penelitian tersebut.

Berdasarkan deskripsi permasalahan di atas, FSaintek mengupayakan solusinya melalui Program Peningkatan Akses, Mutu, Relevansi, dan Daya Saing Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam dalam bentuk Kegiatan Kemahasiswaan yakni RISET KOMPETITIF MAHASISWA (RKM). Riset Kompetitif Mahasiswa di tahun 2019 merupakan wadah bagi mahasiswa FSaintek untuk berkompetisi riset dibidang sains dan teknologi di luar dari sistem mata kuliah. FSaintek memberikan kesempatan kepada mahasiswanya secara tim/berkelompok berkompetisi guna mengembangkan keterampilan analitik, manajerial, kerjasama tim, dan penyelesaian terhadap berbagai masalah dan mendapatkan Bantuan Penghargaan Riset.